HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita Mahkamah Agung

Blog PN Sintang

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Sintang

Rapat Bulanan, Pembinaan dan Pengawasan Bulan April Tahun 2020 Pengadilan Negeri Sintang

on Rabu, 15 April 2020. Posted in Kegiatan PN Sintang

Rabu, 15 April 2020, Pengadilan Negeri Sintang Kelas II melakukan rapat rutin setiap bulannya (rapat bulanan) berbasis Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hukum, Aparatur Mahkamah Agung dan Peradilan Dibawahnya, dan  juga merupakan pelaksanaan PERMA No. 7,8, dan 9 Tahun 2016 serta Evaluasi Akreditasi.

 

Melaksanakan protokol kesehatan covid-19 maka Agenda rapat bulan april ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi bagian kepaniteraan dilaksanaakan pada hari rabu 15 April 2020 dan bagian kesekretariatan dilaksanakan hari kamis 16 april 2020 kemudian dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Yogi Dulhadi, S.H., M.H dan dihadiri oleh seluruh Hakim, Pegawai Kepaniteraan dan Honorer Pengadilan Negeri Sintang Kelas II. Dalam pesannya pada pembukaan rapat, Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Yogi Dulhadi, S.H., M.H menyampaikan :

1. Atas nama Pimpinan Pengadilan Negeri Sintang merefleksi Kinerja Pengadilan Negeri Sintang di tahun 2019 sangatlah bagus dan membanggakan semoga dapat dipertahankan di tahun 2020 ini.

2. Pencapaian hasil kinerja Pengadilan Negeri Sintang yaitu 

a. Pembagian 3 (Tiga) Zona Pelayanan : 1. Zona Pelayanan Meja PTSP 2. Zona Streril Khusus Pegawai 3. Zona Pelayanan Persidangan sudah berjalan dengan baik

b. Pencapaian penerpan Zona Integritas Pengadilan Negeri Sintang di tahun 2019 sangat baik yaitu dari 10 Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Pontianak, Pengadilan Negeri Sintang meraih Peringkat 1 (satu) hasil penilaian dari TIM Pengadilan Tinggi Pontianak

c. Pencapaian Evaluasi SIPP Pengadilan Negeri Sintang pada tahun 2019 lebih memuaskan lagi yaitu Peringkat 1 (satu) dari 10 Pengadilan Negeri di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Pontianak serta menjadi Peringkat 1 (satu) dari 207 Pengadilan Negeri dengan Kategori 1-500 perkara per tahun pada tahun 2019.

3. Petugas Meja PTSP agar tidak menerima tip, sogokan dan pemberian dari masyarakat (gratifikasi)

4. Setiap bulan dilakukan rapat komunikasi internal bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan

5. Mengingatkan bahwa agar para hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Sintang Kelas II mematuhi Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hukum, Aparatur Mahkamah Agung dan Peradilan dibawahnya dan Pelaksanaan PERMA No. 7,8, dan 9 Tahun 2016 dengan tertib sesuai prosedur.

6. Mengingatkan bahwasannya Anggaran DIPA Tahun 2020 Pengadilan Negeri Sintang sudah disosialisakan agar supaya dipergunakan sebagaimana peruntukannya jangan sampai disalah gunakan.

7. Laporan Realisasi Anggaran diserahkan ke Ketua PN sebelum tanggal 5 setiap bulannya.  

Selanjutnya Pemaparan dan laporan dari masing-masing bagian, Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II menyerahkan rapat bulanan untuk dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II bapak Hendro Wicaksono, S.H., M.H., kemudian Rapat dilanjutkan dengan agenda pemaparan laporan dari Hakim Pengawas bidang mempresentasikan temuan di masing-masing bagian kemudian dilanjutkan setiap bidang memaparkan laporan dan masalah dimulai Panitera Muda Pidana, Panitera Muda Perdata, Panitera Muda Hukum. 

serta dilanjutkan sesi bagian kesekretaritan pada hari kamis, 16 april 2020 dengan dihadiri oleh seluruh Hakim, Pegawai Kesekretariatan dan Honorer Pengadilan Negeri Sintang Kelas II. Dalam pesannya pada pembukaan rapat, Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Yogi Dulhadi, S.H., M.H menyampaikan hal yang sama pada rapat yang lalu kemudian dialnjutkan dengan pemaparan  laporan dari Kepala Sub bagian Umum dan Keuangan, Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Ortala dan dilanjutkan oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan. Kemudian, para hakim menyampaikan beberapa laporan berkaitan dengan penanganan perkara yang sedang berjalan dalam rangka menjalankan prinsip-prinsip akuntabilitas dan temuan hasil pengawasan internal yang telah dilakukan.

Berikut Dokumentasinya :