HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Sintang

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Sintang

Articles in Category: Berita

Sosialisasi E-Court untuk Advokat pada Pengadilan Negeri Sintang Kelas II

on Senin, 15 Juli 2019. Posted in Berita

Senin, 15 Juli 2019, Pengadilan Negeri Sintang kelas II melaksanakan Sosialisasi Aplikasi e-Court dengan mengundang para Advokat/Pengacara. Sosialisasi Ecourt dilaksanakan di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Sintang, dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan pembuka menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Doa setelah itu pembawa acara memberikan kesempatan kepada Pembicara Bapak Hendro Wicaksono, S.H., M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sintang memberikan sosialisasi dasar hukum e-Court yaitu Peraturan Mahkamah Agung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara secara Elektronik, Kemudian Pembicara sekaligus Moderator acara ini Bapak Salim, S.H. selaku Panitera Pengadilan Negeri Sintang yang memberikan sosialisasi Konsep Bisnis dan Pengenalan  E-Court , Sdr. Yosef Aditia Prawiga, S.T. sebagai penyampai materi Aplikasi e-Court, dan Sdri. Indah sebagai pembawa acara serta perwakilan dari BRI Cabang Sintang sebagai pemateri cara pembayaran Elektronik.

E-Court merupakan bentuk reformasi Mahkamah Agung Republik Indonesia di bidang teknologi informasi dalam sistem peradilan. Sebelumnya Mahkamah Agung telah mengeluarkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (PERMA) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara Secara Elektronik. PERMA tersebut memberikan payung hukum bagi implementasi aplikasi E-Court. PERMA Nomor 3 Tahun 2018 sudah memungkinkan pengiriman berkas yang tidak hanya terbatas pada berkas gugatan, namun juga terhadap surat jawaban berupa replik, duplik, dan kesimpulan serta digunakan untuk pemanggilan para pihak secara elektronik. Sedangkan untuk proses pembuktian masih harus dilakukan dengan sistem konvensional atau manual, melalui persidangan langsung dihadapan Majelis Hakim.

Para Advokat/Pengacara mengikuti sosialisasi dengan sangat antusias dan mengutarakan beberapa pertanyaan pada sesi tanya jawab. Dalam materi tersebut disampaikan pula kepada para Advokat bahwa untuk dapat menggunakan E-Court diwajibkan memiliki 3 (tiga) syarat, yaitu: harus mempunyai KTP, Kartu Advokat dan Berita Acara Sumpah yang sah dan legal yang diterbitkan oleh Pengadilan Tinggi dimana para Advokat/Pengacara tersebut disumpah. Perkembangan Teknologi Informasi yang pesat di era sekarang ini telah memaksa setiap orang untuk terus belajar mengikuti perkembangan yang ada. Begitupun dengan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang terus berinovasi dalam melakukan perubahan administrasi di pengadilan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Para Advokat/Pengacara sebagai pengguna aplikasi e-Court terlebih dahulu harus melakukan registrasi pada laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id dan melengkapi data serta mengunggah dokumen yang dibutuhkan dan menunggu data yang nantinya akan diverifikasi terlebih dahulu oleh Pengadilan Tingkat Banding. Setelah data pengguna terverifikasi maka pengguna bisa melakukan Pendaftaran Gugatan secara online melalui Aplikasi e-Court.

 

Dalam sosialisasi implementasi e-court kami mengundang kurang lebih 20 orang Pengacara/Advokat sebagai pengguna langsung aplikasi e-court.

Adapun foto-foto kegiatan sosialisasi implementasi e-court pada Pengadilan Negeri Sintang :

 

Sosialisasi Aplikasi Elektronik Laporan Lembar Kerja (e-LLK)

on Selasa, 09 Juli 2019. Posted in Berita

Pada hari Selasa, 9 Juli 2019 pukul 15.00, Pengadilan Negeri Sintang Kelas II melaksanakan sosialisasi Aplikasi Elektronik Laporan Lembar Kerja, atau yang disebut sebagai e-LLK. Acara sosialisasi ini dibuka oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Hendro Wicaksono, S.H., M.H dan bertindak sebagai narasumber adalah Yosef Aditia Prawiga, S.T., selaku Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.

Sosialisasi yang dihadiri oleh seluruh pegawai di pengadilan ini bertujuan agar setiap pegawai, termasuk Hakim, Pejabat dan Staf, agar melaksanakan pengisian/pencatatan tupoksi/pekerjaan harian selama jam kerja melalui e-LLK ini pada aplikasi SIMARI Online. Pengisian e-LLK akan dilaksanakan secara rutin dan dilaporkan kepada Atasan Langsungnya masing-masing. Dengan demikian, e-LLK akan menjadi salah satu bahan pertimbangan penilaian Sasaran Kerja Pegawai dan Penilaian Prestasi Kerja pegawai.

Sosialisasi ini berakhir pada pukul 16.30 dengan diiringi harapan agar seluruh pegawai, termasuk Hakim, Pejabat dan Staf, dapat memberikan kontribusi yang besar dengan meningkatkan prestasi kerja demi mencapai tujuan dan visi misi Mahkamah Agung.

Dokumentasi kegiatan :