HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita Mahkamah Agung

Blog PN Sintang

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Sintang

Articles in Category: Kegiatan PN Sintang

Pemberian Reward Role Model Dan Agen Perubahan Pengadilan Negeri Sintang Kelas II

on Rabu, 08 Juli 2020. Posted in Kegiatan PN Sintang

Pemberian Reward Role Model Dan Agen Perubahan Pengadilan Negeri Sintang Kelas II

Bertempat di ruang sidang Cakra Pengadilan Negeri Sintang Kelas II, telah dilaksanakan acara Pemberian Reward kepada Role Model dan Agen Perubahan Pengadilan Negeri Sintang Kelas II. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Yogi Dulhadi, S.H., M.H dan dihadiri oleh seluruh Hakim, Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional, Staff, dan Honorer.

Perubahan mindset (pola pikir) dan culture set (budaya kerja) mempunyai peranan penting dalam mewujudkan manajemen perubahan sebagai bagian dari delapan area perubahan dalam program Reformasi Birokrasi. Perubahan mental model/perilaku Aparatur diharapkan akan mendorong terciptanya budaya kerja positif yang kondusif agar terciptanya birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif, dan efisien serta mampu memberikan pelayanan yang berkualitas. Salah satu indikator diimplementasikannya proses perubahan pola pikir dan budaya kinerja tersebut berdasarkan Permenpan dan RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, salah satu upaya untuk menggerakkan organisasi dalam melakukan perubahan melalui pemilihan agent of change ataupun role model.

Dalam rangka melaksanakan Permenpan dan RB Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, Pengadilan Negeri SintangKelas II telah melakukan pemilihan Agen Perubahan dan Role Model untuk Periode Januari – Juni Tahun 2019. Pemilihan langsung didasarkan pada kriteria dan indikator yang telah ditetapkan sesuai Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor : 1467a/DJY/SK/KP02.1/6/2018 Tanggal 29 Juni 2018 Tentang Pedoman Pemilihan Agen Perubahan Sebagai Role Model Pada Pengadilan Tingkat Pertama dan Pengadilan Tingkat Banding.

Terdapat 6 (Enam) kriteria dalam pemilihan Agen Perubahan, yaitu meliputi:

  1. Berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil;
  2. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin pegawai;
  3. Bertanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan sesuai dengan bidang tugasnya;
  4. Taat aturan disiplin dan Kode Etik Pegawai;
  5. Mampu memberikan pengaruh positif bagi lingkungan organisasinya; dan
  6. Proaktif dan Inovatif terkait pelaksanaan tugas fungsi dan Reformasi Birokrasi.

Dalam Pemilihan Role Model juga  terdapat 10 (Sepuluh) kriteria yaitu meliputi:

  1. Disiplin;
  2. Tanggung Jawab;
  3. Kreatifitas;
  4. Adaptasi;
  5. Perilaku;
  6. Komunikasi;
  7. Kejujuran;
  8. Penampilan;
  9. Bahasa Inggris; dan
  10. Komputer.

Hasil dari pemilihan tersebut,

1. Role Model

terpilih Ibu Rostina (Panitera Muda Pidana) sebagai Role Model yang telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Nomor : W17-U3/1202.A/KP.02.01/1/2020 Tanggal 5 Januari 2020 Tentang Penunjukan Role Model pengembangan perilaku dan budaya kerja di lingkungan Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Periode Januari sampai dengan Desember 2020

2. Agen Perubahan

terpilih Bapak Kusuma Agus Cahyono, S.H.(Panitera Muda Hukum) sebagai Agen Perubahan telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Nomor : W17-U3/1202.I/OT.00/1/2020 Tanggal 5 Januari 2020 Tentang Penetapan Agen Perubahan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Pengadilan Negeri Sintang.

 Diakhir Acara tersebut Bapak Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Yogi Dulhadi S.H., M.H, menyampaikan semoga Role Model dan Agen Perubahan yang terpilih dapat menjadi teladan, inspirator dan motivator bagi pegawai lainnya dalam prestasi kerjanya, pola pikirnya (mind set) dan budaya kerjanya (cultur set) dalam proses perubahan pada Pengadilan Negeri Sintang Kelas II.

Rapat Bulanan, Pembinaan dan Pengawasan Bulan Juli Tahun 2020 Pengadilan Negeri Sintang

on Selasa, 07 Juli 2020. Posted in Kegiatan PN Sintang

Rapat Bulanan, Pembinaan dan Pengawasan Bulan Juli Tahun 2020 Pengadilan Negeri Sintang

Selasa, 07 Juli 2020, Pengadilan Negeri Sintang Kelas II melakukan rapat rutin setiap bulannya (rapat bulanan) berbasis Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hukum, Aparatur Mahkamah Agung dan Peradilan Dibawahnya, dan  juga merupakan pelaksanaan PERMA No. 7,8, dan 9 Tahun 2016 serta Evaluasi Akreditasi.

Rapat dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Yogi Dulhadi, S.H., M.H dan dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Sintang Kelas II. Dalam pesannya pada pembukaan rapat, Ketua Pengadilan Negeri Sintang Kelas II Bapak Yogi Dulhadi, S.H., M.H menyampaikan :

1. Mengingatkan bahwa agar para hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Sintang Kelas II mematuhi Maklumat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hukum, Aparatur Mahkamah Agung dan Peradilan dibawahnya dan Pelaksanaan PERMA No. 7,8, dan 9 Tahun 2016 dengan tertib sesuai prosedur.

2. Surat-surat dari Badilum dan PT Pontianak agar dicermati dan tindaklanjuti.

 

3. Petugas Meja PTSP agar tidak menerima tip, sogokan dan pemberian dari masyarakat (gratifikasi)

4. Pelayanan PTSP akan ada kompensasi untuk pengguna jasa Pengadilan jika tidak sesuai SOP.

5. Setiap bulan dilakukan rapat komunikasi internal bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan

6. Mengingatkan bahwasannya Anggaran DIPA Tahun 2020 Pengadilan Negeri Sintang sudah disosialisakan agar supaya dipergunakan sebagaimana peruntukannya jangan sampai disalah gunakan.

7. Laporan Realisasi Anggaran diserahkan ke Ketua PN sebelum tanggal 5 setiap bulannya.  

Selanjutnya Pemaparan dan laporan dari masing-masing bagian, kemudian Rapat dilanjutkan dengan agenda pemaparan laporan dari Hakim Pengawas bidang mempresentasikan temuan di masing-masing bagian kemudian dilanjutkan setiap bidang memaparkan laporan dan masalah. Kemudian, para hakim menyampaikan beberapa laporan berkaitan dengan penanganan perkara yang sedang berjalan dalam rangka menjalankan prinsip-prinsip akuntabilitas dan temuan hasil pengawasan internal yang telah dilakukan.

Berikut dokumentasinya :